February 06, 2009

Belajar Kelompok Dapat Meningkatkan Efisiensi Belajar


Dari hasil perkuliahan semester lalu yang kurang optimal, aku melihat ada beberapa hal yang menjadi penyebab. Salah satunya adalah belajar yang tidak efisien.

Oleh karena itu, mulai semester ini, aku akan mulai menerapkan sistem belajar kelompok yang dilakukan secara rutin sejak awal masa kuliah.

Apa aja sih kelebihan belajar kelompok yang rutin, sehingga dapat meningkatkan efisiensi belajar?

Pertama, beban belajar menjadi tidak terlalu berat. Jadi, materi yang didapat dalam satu minggu palingan cuma ½ sampai 1 bab, dan juga materinya masih fresh. Beda kalo belajarnya ditumpuk di akhir kuliah, pas mau ujian, bahan yang dikasih di minggu-minggu awal mungkin sudah agak lupa, dan secara psikologis juga akan lebih terbebani, karena materinya menjadi terasa banyak banget.

Kedua, dengan belajar kelompok, ada kesempatan untuk saling bertanya dan menjawab. Hal ini merupakan suatu simbiosis mutualisme. Yang bertanya dapat ilmu, sedangkan yang ditanya, ilmunya tambah mantep.

Ketiga, waktu belajar kelompok bisa sambil ngerjain tugas dan juga dapat saling sharing tentang tips belajar ataupun strategi dalam menghadapi ujian. Hal ini nggak bisa dilakukan kalo belajar sendirian.

Trus, bagaimana belajar kelompok yang baik itu?

- Yang menjawab jangan hanya orang-orang itu saja, sehingga kesannya kayak wawancara aja. Seharusnya semua orang saling memberikan jawaban atas masalah yang sedang dibahas. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum belajar kelompok harus ada persiapan terlebih dahulu, jangan kosong otaknya.

- Jangan cuma ngerjain soal aja, tapi juga harus belajar dari konsepnya, sebab percuma kalo bisa ngerjain soal tapi gak tau konsepnya.

- Belajar kelompok dilaksanakan di waktu luang, sebab menurutku, materi akan lebih mudah diserap di saat waktu luang (tidak terburu-buru) dan jumlah materinya sedikit.

Gitu aja sih.............

No comments:

Post a Comment