April 18, 2010

Riset

Riset, atau dalam bahasa Inggris disebut research berasal dari dua kata, yaitu re dan search, yang secara bahasa dapat diartikan sebagai proses pencarian yang berulang-ulang. Oleh karena itu, dalam suatu riset pasti terdapat adanya sifat mengulang-ulang, secara detail sehingga diperolehlah suatu hal baru. Meskipun demikian, riset tidaklah harus menghasilkan sesuatu, tapi paling tidak harus menghasilkan suatu pengertian baru (adanya suatu pertanyaan yang bisa dijawab).

Lebih lanjut mengenai riset:
  • Riset harus dilakukan secara sistematik, ada jalur yang harus diikuti. Artinya, tahapan-tahapan riset yang akan dilakukan harus direncanakan. Riset yang dilakukan secara membabi buta (asal jalan), tidak akan menuju/terfokus pada suatu hasil yang diharapkan.
  • Riset merupakan fungsi waktu. Diperlukan waktu panjang untuk bisa mendapatkan sesuatu. Di dalam riset hasil tidak ditemukan untuk sekali waktu saja. Wajib adanya pengulangan dalam sistematiknya..
  • Dalam suatu riset, wajib ada suatu referensi yang diacu. Tidak boleh hanya berdasarkan perasaan. Harus ada suatu dasar teori ataupun pekerjaan dari periset sebelumnya yang berkaitan dengan riset yang akan dilaksanakan.
  • Pelaksanaan riset harus sustainable(berkelanjutan), dan fokus pada suatu hal (dicontohkan seperti riset yang dilakukan oleh Dr. Raghavan di University of Tulsa, yang fokus pada topik well testing). Riset dari topik yang besar terbagi ke dalam sub-topik yang mendukung topik besar tersebut.. Sustainability dari suatu riset tergantung dari dana, sumber daya manusia, dan harus mengikuti perkembangan teknologi yang ada sekarang. Riset juga harus mengikuti suatu road map yang jelas..

Jenis-jenis riset:
  • basic research, yaitu riset yang terfokus pada ilmu-ilmu dasar yang mendasari bidang ilmu lain. Misal riset pada matematika, fisika, termodinamika, dll.
  • applied research, yaitu riset yang berdasarkan riset lain yang sudah dilaksanakan sebelumnya.
  • market research, yaitu riset yang dilakukan berdasarkan permintaan dari pasar (kalau di TM, pasar ini berupa perusahaan-perusahaan minyak)
  • action research
  • research and development
(Disadur dari kuliah umum "Metodologi Penelitian" oleh Dr. Pudjo Sukarno)

No comments:

Post a Comment