May 31, 2010

Wadah Minum Baru

Gambar di atas memperlihatkan wadah-wadah minuman saya dari masa ke masa. Tapi ini bukan iklan, walaupun ada salah satu merk teh terkenal dalam foto ini. Merek teh itu hanya teh kegemaran saya, karena rasanya yang sangat enak, agak-agak sepet gitu, trus aroma melatinya begitu wangi (loh..loh.. kok malah ngiklan??).

Baik, kembali ke pokok permasalahan, jadi hal yang bisa diceritakan dari foto ini adalah syahdan dua hari yang lalu saya membeli wadah minum yang baru untuk menggantikan atau melengkapi koleksi wadah minuman teh saya yang telah ada sebelumnya. Cangkir yang paling kiri merupakan cangkir teh pertama saya, kemudian disusul dengan gelas plastik berwarna biru yang ada di tengah yang saya beli jauh-jauh di Jakarta (waktu KP). Kemudian, dengan beberapa pertimbangan, seperti nafsu minum teh saya yang makin membesar dan juga alasan ekonomi (penjelasannya menyusul), saya pun memutuskan untuk membeli wadah minuman yang baru, yaitu si gelas plastik Lion Star Guedhem yang ada di sisi paling kanan. Dengan gelas plastik ini, saya dapat membuat teh dengan kapasitas dua kali dari wadah teh sebelumnya, dan ini tentu saja sangat menghemat waktu dan tenaga, jadi tidak perlu bikin beberapa kali.
Kemudian, ditinjau dari sisi ekonomi adalah sebagai berikut. Untuk beberapa hari ke depan, saya akan disibukkan dengan kegiatan ngelab di kampus. Dan saya jika ada kegiatan di kampus paling tidak membawa satu botol minuman sebagai bekal, biasanya sih Nu Green Tea. Sekarang jika diitung-itung dari segi ekonominya, dengan asumsi sebagai berikut:
Jika dalam seminggu ada tiga kali beli Nu Green Tea, maka dalam satu minggu ongkos untuk membeli Nu Green Tea adalah 3xRp 4.000 = Rp 12.000,-, maka dalam sebulan adalah Rp 48.000,-, dan dalam satu tahun adalah Rp 576.000,-.
Dengan membeli gelas Jumbo ini, maka untuk memenuhi kebutuhan minumanku, diperlukan biaya dengan rincian sebagai berikut:
-    Harga gelas jumbo    : Rp 15.000,-
-    Biaya teh/bulan        : Rp 6.000,-
-    Biaya gula/bulan    : Rp 12.000,-
-    Biaya air        : Asumsi gratis..
Maka total biaya per bulan untuk kebutuhan minumanku adalah sebesar Rp 18.000,-, atau per tahun adalah Rp 216.000,-. Jika ditambah dengan investasi untuk membeli gelas Jumbo, maka biaya untuk satu tahun adalah Rp 231.000,-. Dari sini penghematan yang bisa dilakukan adalah sebesar Rp 345.000,-, woow, lebih dari 50%. Maka dapat disimpulkan bahwa proyek pengadaan gelas Jumbo ini adalah proyek yang menguntungkan.

5 comments:

  1. Tambah boros Gas kiye, melas sing piket lho

    ReplyDelete
  2. Siki sing piket enyong, ben dina, hahahaha... Liyane wis padha bebeh piket.. hahahaha

    ReplyDelete
  3. ati2 sama bahan kimia yang terkandung di kantong teh celup

    ReplyDelete
  4. Ora urusan, hahahaha... Sing penting mak nyoss..

    ReplyDelete
  5. Iya kui..le nyelupke teh celupnya jangan kelamaan..hehe

    ReplyDelete